Riset: Tempat Tidur Kotak Turunkan Angka Kematian Bayi





Jakarta, Berita Adzan — Tempat tidur yang baik dalam menentukan kualitas tidur seseorang. Ketika masih bayi, seringkali kita menaruh bayi kita dengan tempat tidur bayi yang berbentuk kotak. Mengapa?. Hal itu disebabkan segala sesuatu tentu pernah memiliki asal usul, begitu pula dengan tempat tidur bayi yang berbentuk kotak.
Dituliskan dalam laman Mirror.co.uk, di Finlandia, selama 75 tahun, seluruh ibu hamil di Finlandia selalu diberikan ‘subsidi’ sebuah kotak kardus oleh negara. Kotak serba guna itu bisa digunakan untuk menyimpan pakaian, seprai, dan mainan. Atau bahkan bisa digunakan sebagai tempat tidur.
Tradisi tersebut diyakini membantu Finlandia menjadi negara dengan tingkat kematian bayi paling rendah di dunia.

Kotak Tidur Bayi 4Ini adalah tradisi yang sudah berlangsung sejak tahun 1930 silam. Tradisi itu mengamanahkan negara untuk memberi semua bayi di Finlandia, berupa kotak tersebut. Dalam kotak tersebut, didasarkan kotak beralaskan kasur yang menjadi tempat tidur pertama semua bayi di Finlandia.
Meskipun terdengar cukup aneh, tetapi kotak bayi Finlandia telah ‘menyapu’ dunia dengan kepraktisan, kesederhanaan dan kemampuan untuk menyelamatkan ribuan nyawa bayi.
Saat ini, sebuah rumah sakit di Inggris telah mengggiatkan untuk membantu ibu di negara tersebut dalam membantu bayi yang baru lahir.

Kotak Tidur Bayi 2Dalam kotak tersebut berisi, rahasia menjadi ibu baru, buku pegangan untuk sang ayah, dan dengan melepas tutup atasnya. Sekejap kotak tersebut menjadi sebuah tempat tidur yang nyaman untuk ‘si kecil’.
Suatu ketika, Pemerintah Finlandia menyerahkan satu kotak untuk pasangan kerajaan Inggris Raya, Kate Middleton dan Pangeran William sebelum putra pertama mereka pangeran George lahir. Dan, mereka sangat mengapresiasi dengan hadirnya kotak tersebut.
Bulan ini, proyek percontohan ini akan diluncurkan oleh Queen Charlotte di Rumah Sakit,  Chelsea yang telah bekerjasama dengan perusahaan Amerika Serikat, Baby Box Co.

Kotak Tidur Bayi 3Dan, di Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, petugas medis berharap bahwa kotak akan menurunkan angka kematian bayi tinggi 7,1 persen per 1.000 kelahiran. Selama dua tahun ke depan, sekitar 36.000 kotak akan dibagikan kepada ibu baru.
Dyann Daley, perawat senior dari Children’s Hospital System mengatakan, bahwa mereka menyadari masih banyak masyarakat yang tidak sadar akan kematian bayi merupakan masalah besar di sini.
“Tujuan kami adalah untuk menyediakan sebuah kotak untuk setiap kelahiran di kota dan memberikan bayi tempat tidur yang aman karena yang terpenting untuk mencegah kematian mati lemas,” ungkap Dyann.

sumber : Aktual.com
Share on Google Plus

About Haydar Maulana Ali

Pelajar Multimedia Di SMK Budhi Warman 1

0 comments:

Post a Comment