Mulai Mei, BPJS Ketenagakerjaan Layani Kredit Rumah Murah



Semarang, Berita Adzan – Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mulai bulan depan melayani pemberian kredit rumah murah bagi para pekerja sektor formal.
Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Jawa Tengah-DIY menyatakan telah bekerjasama dengan bank-bank lokal untuk mencairkan kredit rumah murah di tiap kabupaten/kota.
“Pemberian kredit murah murah baru dilaunching tahun ini secara nasional dan kami di Jawa Tengah siap beri kemudahan bagi tenaga kerja formal yang ingin dapatkan rumah murah dengan bunga kredit yang terjangkau,” ujar Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jateng dan DIY, Achmad Hafiz, di Semarang, Kamis (21/4).
Berbagai kemudahan mengakses rumah dapat diberikan kepada pekerja formal yang telah memperoleh kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kata dia, ini merupakan pola baru dari pemerintah pusat guna mendongkrak kesejahteraan masyarakat yang berada di kelas menengah kebawah.
“Dalam program rumah murah ini, kita langsung beri subsidi bunga bank yang bervariatif bagi para pemegang kartu jaminan sosial ketenagakerjaan,” ucap dia.
Skema penyaluran kredit rumah murah ini hampir sama dengan pemberian kredit dari bank umum. Polanya yaitu tiap peserta BPJS wajib mengajukan persetujuan dari bank lalu pihak bank menerusannya kepada BPJS.
BPJS selanjutnya akan melakukan check list untuk mengaudit kepesertaan dari perusahaan si karyawan. “Kami akan mengecek langsung apakah perusahaannya aktif ikut BPJS, upahnya apakah sudah sesuai UMK lalu kinerjanya bagus atau tidak. Setelah semuanya lolos, maka kami akan rekomendasikan ke bank untuk diberikan kredit rumah bagi si karyawan. Hanya itu saja,” katanya.
Bagi konsumen akan dapat dilayani kredit bertipe rumah 36. Dia menambahkan, langkah ini terbilang bagus untuk mengurangi perbedaan antara si kaya dan si miskin di sektor tenaga kerja formal.
sumber : Aktual.com
Share on Google Plus

About Haydar Maulana Ali

Pelajar Multimedia Di SMK Budhi Warman 1

0 comments:

Post a Comment