PCNU Surabaya Ziarah ke Makam Pendiri NU





Surabaya, Berita Adzan – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya, Jawa Timur, berziarah ke makam para pendiri NU yang berada di Surabaya, Minggu, dalam rangka Harlah Ke-93 Nahdatul Ulama.
Ziarah ke makam para pendiri Nahdlatul Ulama ini diikuti sekitar 200 orang dari pengurus harian, pengurus lembaga, dan pengurus badan otonom (GP Ansor, Fatayat, IPNU, IPPNU, dan Pagar Nusa) PCNU Kota Surabaya yang dipimpin langsung oleh Ketua Tanfiziah PCNU Kota Surabaya Muhibbin Zuhri.
“Kegiatan ziarah ke makam ini penting untuk mengenang jasa para pendiri NU, khususnya yang berasal dari Surabaya. Dalam kegiatan ini, kita wajib untuk kirim doa kepada para muasis NU yang telah banyak berperan dalam kepentingan bangsa ini,” kata Muhibbin Zuhri, Minggu (24/4).
Kegiatan ziarah makam diawali dari makam K.H. Ridluwan Abdullah pencipta lambang NU yang dimakamkan di area pemakaman umum Tembok Surabaya. Selanjutnya, rombongan menuju area makam Sunan Ampel.
“Di lokasi area Sunan Ampel ini selain mendoakan Sunan Ampel juga mendoakan Hasan Gipo yang dimakamkan di area pemakaman sekitar Masjid Ampel, Hasan Gipo merupakan ketua umum tanfiziah pertama PBNU saat mendampingi Rais Aam K.H. Hasyim Asyari,” katanya.
Usai dari Ampel, para pengurus PCNU Kota Surabaya menuju area pemakaman Rangkah Surabaya, di tengah-tengah area yang sempit dan masuk perumahan kumuh adalah lokasi makam K.H. Mas Alwi Ulama NU yang menciptakan nama Nahdlatul Ulama.
Lokasi makam K.H. Mas Alwi tersebut jauh dari kebesaran NU. Lokasinya sempit dan menyendiri di tengah-tengah rumah warga membuat prihatin generasi muda NU yang ikut dalam kegiatan tersebut.
Sebelumnya, Pemerintah Kota Surabaya berencana memindahkan makam tersebut. Namun, rencana tersebut belum dibicarakan lebh lanjut dengan Pengurus NU Kota Surabaya maupun Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.
“Kalau melihat lokasi makam K.H. Mas Alwi tersebut, saya cukup prihatin, mudah-mudahan ada solusi dari pemkot maupun pengurus NU untuk menjadi lebih baik atau layak guna menghargai jasa para pendiri NU yang telah berbuat banyak untuk bangsa ini,” ujar Wakil Ketua LTNU NU Kota Surabaya Erwin Muhammad.
sumber : Aktual.com
Share on Google Plus

About Haydar Maulana Ali

Pelajar Multimedia Di SMK Budhi Warman 1

0 comments:

Post a Comment