Penjelasan Ulama: Tanda Kiamat Munculnya Asap “Dukhan”




Jakarta, Berita Adzan — Salah satu tanda datangnya hari Kiamat adalah adanya Dukhan. Dukhan jika dalam bahasa indonesia adalah ‘asap’. Lantas apakah asap tersebut?. Dalam Al Quran dan Hadis telah di terangkan Allah SWT berfirman,
فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِي السَّمَاءُ بِدُخَانٍ مُبِينٍ
يَغْشَى النَّاسَ ۖ هَٰذَا عَذَابٌ أَلِيمٌ
Artinya, “Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata, yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih.”(Ad Dukhan : 10)
“Memang benar jika di antara tanda-tanda Kiamat kubro adalah munculnya asap sebelum Hari Kiamat yang memenuhi Bumi, sehingga ia seperti sebuah rumah yang di dalamnya dinyalakan kayu bakar, ia menyerang orang-orang Mukmin seperti influensa, dan masuk ke dalam jasad orang-orang kafir dan munafik melalui lubang tubuh mereka, maka mereka menggelembung sehingga ia keluar dari pendengaran mereka,” terang Ustad Hasanudin kepada Aktual.com, Jumat (15/04), di Jakarta.
Asap ini merupakan salah satu tanda yang masih ditunggu manusia, dan belum terjadi. Hal ini akan terjadi apabila mendekati datangnya hari Kiamat, pendapat inilah yang dipegang Ibnu ‘Abbas dan sebagian sahabat dan tabi’in, Ibnu Jarir dan Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Abdullah bin Abi Mulaikah, dia berkata, “Suatu hari, aku bersama Ibnu Abbas di waktu pagi. Dia berkata, ‘Aku tidak tidur tadi malam hingga subuh.’ Aku bertanya, ‘Mengapa ?’
Dia berkata, ‘Mereka mengatakan, bintang Dzu Dzanbin telah terbit. Aku khawatir ad-dukhan telah muncul, maka aku tidak tidur hingga subuh’.” Ibnu Katsir berkata, “Ini adalah sanad yang sahih sampai kepada Ibnu Abbas habrul ummah, penerjemah Al Quran.
Dan begitu pula pendapat orang yang menyepakatinya dari kalangan sahabat dan tabi’in seluruhnya, bersamaan dengan adanya Hadis-hadis yang sahih maupun Hasan dan selainnya, yang mengandung kecukupan dan dalil yang jelas bahwa Addukhan adalah salah satu tanda yang belum terjadi, dan sekaligus juga itulah dzhahir Al Quran.
Namun selain peristiwa dukhan yang menyebabkan terjadinya perubahan muka (akibat panasnya) sehingga menyebabkan wajah-wajah orang kafir melepuh, dan tabrakan bintang berekor yang sangat dahsyat yang menyebabkan timbulnya medan magnet di salah satu belahan bumi yang sangat kuat.
Dan medan magnet itu akan menimbulkan efek yang sangat dahsyat kepada benda elektronik yang menggunakan tenaga listrik, namun an pasti riwayat tentang bintang berekor yang akan mendahului Dukhan adalah sahih.
sumber : Aktual.com
Share on Google Plus

About Haydar Maulana Ali

Pelajar Multimedia Di SMK Budhi Warman 1

0 comments:

Post a Comment