Tips Sederhana Jaga Pikiran Tetap Tenang dan Bebas Stres





Jakarta, Berita Adzan — Setiap manusia tentu memiliki masalahnya tersendiri. Terkadang, hidup membawa kita pada situasi di mana kita benar-benar di luar kendali dan kita tak dapat melakukan apa-apa untuk menghadapi stres.
Namun, stres diketahui hanyalah merugikan stabilitas fisik serta mental Anda semata. Efek samping dari stres pun yaitu menimbulkan kesehatan yang buruk seperti timbulnya tekanan darah tinggi, kadar gula tinggi, hingga penyakit jantung.
Seperti dituliskan dalam laman Boldsky, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga pikiran Anda tetap tenang dan bebas dari stres. Berikut ini adalah beberapa tips-nya:
Biarkan saja
Dalam beberapa situasi, Anda berpikir Anda telah mencapai jalan buntu karena tidak menemukan jalan keluar. Namun percayalah bahwa hidup tidak seburuk yang Anda bayangkan.
Jadi, jika Anda berpikir bahwa Anda sedang terjebak dalam situasi sulit, cobalah untuk melepaskan masalah itu beberapa waktu hingga Anda merasa rileks kembali dan dapat berpikir. Ini merupakan cara untuk menjaga pikiran Anda tetap tenang dan bebas stres.
Tarik nafas dalam-dalam
Metode ini akan selalu membantu Anda untuk bebas dari stres. Ambil nafas dalam-dalam setiap kali Anda menemukan diri dalam situasi yang merugikan. Bayangkan, bahwa semua hal yang negatif akan keluar dari pikiran Anda saat mengembuskan nafas. Sekarang, pendekatan untuk masalah ini. Anda akan dapat menangani situasi dengan pikiran lebih jernih.
Makanan
Jika Anda merasa sedang tidak bersemangat, Anda harus mengasup karbohidrat kompleks untuk menjaga ‘mood’ Anda. Komponen zat tepung seperti roti gandum, kentang, sereal, jagung, dan lainnya, memberikan manfaat ‘melepaskan’ serotonin, dan dapat meningkatkan hormon ‘bahagia’ Anda sekaligus menjauhi dari stres.
Membuat beberapa target kecil
Mengejar tujuan besar bisa menguras waktu Anda lebih banyak di mana Anda mungkin mendapatkan rasa lelah dan cemas tentang hasilnya. Mengapa tidak membaginya menjadi beberapa target kecil. Misalnya, jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan dalam waktu satu tahun, berkonsentrasi pada setiap diet tiap Minggu dan banyak latihan.
Meditasi
Ini adalah salah satu cara terbaik bagaimana untuk menjaga pikiran Anda tetap tenang dan bebas stres. Luangkan waktu Anda sedikit dan bermeditasi untuk sementara waktu. Ini akan membersihkan pikiran Anda dari pikiran negatif dan mengisi Anda akan hal-hal positif. Lakukan ini di ruang terbuka setiap pagi.
Jangan berfikir semua harus sempurna
Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Jika Anda bukan di antara yang sempurna, maka jangan jadikan ini menjadi sebuah ketegangan. Anda hanya perlu mencoba untuk menjadi seorang ahli di bidangnya. Tetapi mencapai kesempurnaan yang lengkap mungkin sedikit lebih sulit. Jadi, berhenti menuntut kesempurnaan dalam kehidupan.
Tidur nyenyak
Alasan timbulnya stres yaitu, kurangnya tidur yang berkualitas. Saat tidur, tubuh Anda ‘menyembuhkan’ diri dari stres dan kecemasan serta mengembalikan energi Anda untuk keesokan harinya. Cobalah dan Anda akan tahu bagaimana untuk menjaga pikiran Anda tetap tenang dan bebas stres.
sumber : Aktual.com
Share on Google Plus

About Haydar Maulana Ali

Pelajar Multimedia Di SMK Budhi Warman 1

0 comments:

Post a Comment